UNIVERSITAS TAMANSISWA

.::PALEMBANG::.

SCIENTIFIC REPOSITORY


UNITAS Repository



PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT NIPPON PAINT PALEMBANG



Description:
Ummi Hidayati, 2023. “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada PT Nippon Paint Palembang”. Dibawah bimbingan Ibu Hj. Jamilah Pramajaya, SE.,M.M dan Ibu Desfitrina, SE.,M.Si. PT Nippon Paint Palembang merupakan perusahaan manufaktur cat pertama dan pelopor industri cat di Jepang. Saat ini, Nippon Paint adalah pemimpin pasaran cat di Jepang. Keunggulan dari Produk PT Nippon Paint adalah cepat kering, antijamur, anti-pudar, warna awet, tahan lama, dapat dicuci, dan tahan sikat hingga 2.000 kali. Mempunyai daya tutup yang baik serta hasil yang halus dan merata. Dapat digunakan untuk tembok dan langit-langit berbahan dasar beton, plaster, papan, asbes, mortar, batako, dan lain-lain. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap penjualan pada PT Nippon Paint Palembang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, sumber data yang diperoleh secara langsung tentang anggaran dana promosi dan data sekunder data yang diperoleh dari sumber obyek penelitian. Adapun data yang diperoleh dari perusahaan yakni data penjualan dan data biaya promosi tahun 2017-2021. Dari hasil perhitungan dan analisis diperoleh persamaan regresi linier sederhana Y = 729,84 + 0,7X, artinya pengaruh biaya promosi bersifat positif terhadap penjualan dan sebaliknya. Koefisien korelasi sebesar 0,59 dan bertanda positif yang berarti hubungan yang terjadi antara kedua variabel adalah erat dan postif, artinya penjualan akan meningkat seiring dengan peningkatan biaya promosi yang dilakukan. Untuk meningkatkan volume penjualan sebaiknya PT Nippon Paint Palembang meningkatkan biaya promosi dengan cara memperbanyak periklanan berupa media cetak, media elektronik, brosur dan poster. Serta melakukan pendekatan terhadap calon konsumen dengan menyampaikan keuntungan menggunakan produk yang dipasarkan oleh perusahaan. Kata Kunci : Biaya Promosi, Volume Penjualan

Type:
Buku Skripsi

Document:
FAKULTAS EKONOMI

Date:
11-07-2023

Penulis:
UMMI HIDAYATI

NIM:
19210071

Dosen Pembimbing:
JAMILA PRAMAJAYA, SE, MM