Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada PT. Ratih
Empat Saudara dalam meningkatkan volume penjualan. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis dan sumber
data yang digunakan adalah data sekunder dari tahun 2018-2022, sedangkan tehnik
pengumpulan data dengan cara dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan adalah
analisis dekriptif kualitatif mengacu pada konsep 4P Marketing Mix (Produk, Price,
Promotion, Place). Hasil penelitian ditemukan beberapa strategi pemasaran di PT.
Ratih Empat Saudara yaitu strategi pemasaran dibidang promosi. Pelaksanaan
periklanan yaitu menggunakan iklan di media Sosial (IG&FB) dan bagi-bagi brosur,
pelaksanaan personal selling yaitu dengan cara menggunakan jasa Staff Pemasaran
dan Customer Service melakukan penawaran langsung ke perusahaan-perusahaan
untuk dijadikan data pelanggan, pelaksanaan publikasi yakni menjadi mitra
perusahaan-perusahaan baik swasta maupun BUMN yang dapat meningkatkan daya
tarik masyarakat kepada PT.Ratih Empat Saudara. Strategi promosi yang dilakukan
PT Ratih Empat Saudara sudah efektif yakni menerapkan strategi periklanan,
personal selling, promosi penjualan, publisitas dan juga hubungan
masyarakat.Strategi pemasaran tersebut berperan dalam meningkatkan volume
penjualan pemasaran.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran (marketing mix), Periklanan, Personal Selling, Promosi
Penjualan, Publisitas, dan Hubungan masyarakat.
Type:
Buku Skripsi
Document:
FAKULTAS EKONOMI
Date:
07-07-2023
Penulis:
Muhammad Alfarabi
NIM:
19210013
Dosen Pembimbing:
TRIANA AGUSTINI, SE, M.Si