Description:
Perdiansyah, Efektivitas Pelayanan KTP Elektornik (E-KTP) Di Dinas
Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir. Adapun metode yang
digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data,
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa data yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Program E-KTP di kantor Pencatatan Sipil telah berjalan dengan baik. Efisiensi,
keamanan data, sosialisasi, dan upaya mengatasi tantangan sumber daya manusia dan
anggaran adalah faktor-faktor yang mendukung keberhasilan implementasi program
ini. Program KTP Elektronik sudah tepat sasaran. Cakupan penduduk yang luas,
efektivitas identifikasi individu, manfaat yang dirasakan masyarakat, serta upaya
pemantapan yang dilakukan menjadi bukti bahwa program ini telah berhasil
mencapai tujuannya. Meskipun demikian, penting untuk terus melakukan
pemeliharaan sistem, peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Kekurangan
fasilitas, dan kurangnya komunikasi dan informasi menjadi faktor-faktor utama yang
menyebabkan pelayanan program E-KTP belum memuaskan. Untuk meningkatkan
kualitas pelayanan, perlu dilakukan perbaikan fasilitas, peningkatan jumlah dan
kualitas petugas melalui pelatihan, serta peningkatan komunikasi dan informasi
kepada masyarakat. Tingkat input dalam pelayanan program E-KTP cukup tinggi
dengan adanya permintaan yang besar dan jumlah petugas yang memadai. Sementara
itu, tingkat output dalam pelayanan program E-KTP juga terbilang baik dengan
proses penerbitan yang lancar dan konsistensi pelayanan yang diberikan. Meskipun
demikian, upaya perbaikan dan peningkatan tetap diperlukan untuk menjaga dan
meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik di masa mendatang. Efisiensi
proses pendaftaran, akurasi data yang tinggi, kepuasan masyarakat, dan pencapaian
target output adalah indikator yang menggambarkan keberhasilan dalam mencapai
tujuan tersebut. Tetap berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan dan pemenuhan
kebutuhan masyarakat akan menjadi langkah penting untuk menjaga pencapaian
tujuan yang lebih baik di masa depan. Penilaian positif terhadap kualitas sumber
daya pegawai dalam memberikan pelayanan E-KTP. Kompetensi yang memadai,
sikap profesional, serta kemampuan dalam menghadapi tantangan dan perubahan
menjadi faktor yang menunjang kualitas pelayanan. Hal ini mengindikasikan bahwa
sumber daya pegawai kami memiliki kualitas yang cukup baik dan dapat
memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat dalam proses
pendaftaran E-KTP. Sinyal yang buruk dan gangguan listrik padam terhadap proses
pelayanan E-KTP di kantor capil. Upaya telah dilakukan untuk meningkatkan
infrastruktur dan akan terus dikejar untuk memperbaiki kualitas sinyal dan pasokan
listrik. Solusi alternatif juga akan dipertimbangkan untuk memastikan kelancaran
proses pelayanan E-KTP meskipun menghadapi kendala tersebut.
Kata Kunci: Efektivitas Pelayanan KTP Elektornik (E-KTP)
Type:
Buku Skripsi
Document:
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK (FISIPOL)
Date:
24-07-2023
Penulis:
PERDIANSYAH
NIM:
19310026
Dosen Pembimbing:
MASAYU ADIAH, S.Sos,M.Si