UNIVERSITAS TAMANSISWA

.::PALEMBANG::.

SCIENTIFIC REPOSITORY


UNITAS Repository



EFEKTIVITAS PELAYANAN KTP ELEKTORNIK (E-KTP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN OGAN ILIR



Description:
Perdiansyah, Efektivitas Pelayanan KTP Elektornik (E-KTP) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir. Adapun metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program E-KTP di kantor Pencatatan Sipil telah berjalan dengan baik. Efisiensi, keamanan data, sosialisasi, dan upaya mengatasi tantangan sumber daya manusia dan anggaran adalah faktor-faktor yang mendukung keberhasilan implementasi program ini. Program KTP Elektronik sudah tepat sasaran. Cakupan penduduk yang luas, efektivitas identifikasi individu, manfaat yang dirasakan masyarakat, serta upaya pemantapan yang dilakukan menjadi bukti bahwa program ini telah berhasil mencapai tujuannya. Meskipun demikian, penting untuk terus melakukan pemeliharaan sistem, peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Kekurangan fasilitas, dan kurangnya komunikasi dan informasi menjadi faktor-faktor utama yang menyebabkan pelayanan program E-KTP belum memuaskan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, perlu dilakukan perbaikan fasilitas, peningkatan jumlah dan kualitas petugas melalui pelatihan, serta peningkatan komunikasi dan informasi kepada masyarakat. Tingkat input dalam pelayanan program E-KTP cukup tinggi dengan adanya permintaan yang besar dan jumlah petugas yang memadai. Sementara itu, tingkat output dalam pelayanan program E-KTP juga terbilang baik dengan proses penerbitan yang lancar dan konsistensi pelayanan yang diberikan. Meskipun demikian, upaya perbaikan dan peningkatan tetap diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik di masa mendatang. Efisiensi proses pendaftaran, akurasi data yang tinggi, kepuasan masyarakat, dan pencapaian target output adalah indikator yang menggambarkan keberhasilan dalam mencapai tujuan tersebut. Tetap berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan menjadi langkah penting untuk menjaga pencapaian tujuan yang lebih baik di masa depan. Penilaian positif terhadap kualitas sumber daya pegawai dalam memberikan pelayanan E-KTP. Kompetensi yang memadai, sikap profesional, serta kemampuan dalam menghadapi tantangan dan perubahan menjadi faktor yang menunjang kualitas pelayanan. Hal ini mengindikasikan bahwa sumber daya pegawai kami memiliki kualitas yang cukup baik dan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat dalam proses pendaftaran E-KTP. Sinyal yang buruk dan gangguan listrik padam terhadap proses pelayanan E-KTP di kantor capil. Upaya telah dilakukan untuk meningkatkan infrastruktur dan akan terus dikejar untuk memperbaiki kualitas sinyal dan pasokan listrik. Solusi alternatif juga akan dipertimbangkan untuk memastikan kelancaran proses pelayanan E-KTP meskipun menghadapi kendala tersebut. Kata Kunci: Efektivitas Pelayanan KTP Elektornik (E-KTP)

Type:
Buku Skripsi

Document:
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK (FISIPOL)

Date:
24-07-2023

Penulis:
PERDIANSYAH

NIM:
19310026

Dosen Pembimbing:
MASAYU ADIAH, S.Sos,M.Si