Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem solving pada
materi perbandingan trigonometri yang memenuhi kriteria valid, menarik, dan praktis.
Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yaitu; Analysis (Analisis),
Design (Desain), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi/
Ujicoba) dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek
kevalidan LKPD ini adalah angket penilaian oleh ahli media, ahli bahasa, dan ahli
materi. Untuk mengukur aspek kemenarikan LKPD menggunakan angket penilaian
respon pendidik. Untuk mengukur aspek kepraktisan LKPD menggunakan angket
penilaian respon peserta didik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari validator
ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi, LKPD ini diberikan skor rata-rata 4,47 dan
dikategorikan sangat valid, sehingga LKPD dapat diujicobakan. Kemenarikan LKPD
berdasarkan angket respon pendidik memperoleh skor rata-rata 4,55 dikategorikan
sangat menarik. Kemudian kepraktisan LKPD berdasarkan angket respon peserta didik
memperoleh skor rata-rata 3,472 dikategorikan praktis.
Kata Kunci : pengembangan; LKPD; problem solving; trigonometri
Type:
Buku Skripsi
Document:
FAKULTAS KEGURUAN & ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
Date:
23-08-2021
Penulis:
NURHAYATI
NIM:
17610004
Dosen Pembimbing:
PITRIANI, M.Pd