Description:
Kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang sangat tergantung pada bagaimana kecakapan dan kebijaksanaan yang dimiliki dalam memimpin suatu sekolah atau lembaga yang dinaungi. Seorang kepala sekolah harus dapat memberikan efek kepemimpinan yang karismatik dapat memberikan contoh, dapat mengerjakan dan mengarahkan seluruh stakeholder sekolah untuk dapat meraih tujuan yang ingin dicapai. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode fakta wawancara kepada informan terpilih. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Assalam dianalisis menggunakan teori fungsi kepemimpinan kepala sekolah menurut Adair dalam Karwati (2016: 168), yaitu sebagai perencana, pemrakarsa, pengendali, pendukung, penginformasi, dan pengevaluasi. Dalam implementasinya, kepala sekolah telah melaksanakan semua fungsi tersebut, namun hasilnya belum optimal dan belum sepenuhnya mampu meningkatkan kinerja guru. Banyak program-program yang sudah direncanakan dengan baik dalam proses peningkatan kinerja guru namun belum dapat terlaksana karena alasan-alasan tertentu, seperti kendala pendanaan dan waktu pelaksanaannya, sehingga apa yang diharapkan menjadi belum tercapai. Faktor pendukung Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Assalam yaitu adanya aturan dan prosedur kerja yang jelas, dan juga dukungan penuh dari manajemen Yayasan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu alokasi dana yang minim sehingga program yang dilakukan menjadi terbatas, dan minimnya waktu yang tersedia untuk program poeningkatan kinerja guru karena seringkali berbenturan dengan waktu proses belajar mengajar.
Type:
Buku Tesis
Document:
PROGRAM PASCASARJANA
Date:
04-08-2023
Penulis:
KHAIRUL WAZI
NIM:
21320027
Dosen Pembimbing:
Dr. MAULANA, SE, MM