UNIVERSITAS TAMANSISWA

.::PALEMBANG::.

SCIENTIFIC REPOSITORY


UNITAS Repository



Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pasien di Puskesmas Sukarami Kota Palembang



Description:
Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pasien Di Puskesmas Sukarami Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pasien Di Puskesmas Sukarami Kota Palembang. Adapun metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan teknik penumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Keandalan (reliability). Puskesmas dalam melayani pasien rawat jalan sudah cukup baik, keandalan pelayanan puskesmas dalam melayani pasien rawat jalan dapat dianggap cukup baik. Namun, perlu diperhatikan bahwa upaya terus dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan keandalan tersebut, termasuk melalui pemantauan, evaluasi, dan perbaikan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pasien. Kenampakan fisik dan bukti langsung (tangibel). Dalam pelayanan pasien rawat jalan di puskesmas sudah cukup baik. Kebersihan, kerapihan, ketersediaan fasilitas yang memadai, dan kesesuaian petugas pelayanan merupakan faktor yang berkontribusi terhadap penilaian tersebut. Namun, ada saran dari masyarakat terkait peningkatan fasilitas penunjang yang perlu dipertimbangkan oleh puskesmas untuk meningkatkan pelayanan secara keseluruhan. Daya tanggap (responsiveness). Puskesmas dalam melayani pasien rawat jalan masih lamban. Hal ini disebabkan oleh jumlah pasien rawat jalan yang lebih banyak daripada jumlah petugas yang tersedia di puskesmas tersebut. Adanya keterbatasan petugas dalam menghadapi lonjakan jumlah pasien rawat jalan mengakibatkan waktu tunggu yang cukup lama bagi pasien sebelum mendapatkan pelayanan medis. Idealnya satu petugas melayani dua pasien, sedangkan kondisi saat ini melayani lebih dari tiga pasien. Aspek assurance atau jaminan. Penting bagi puskesmas untuk melakukan perbaikan dalam aspek jaminan waktu dalam pelayanan pasien rawat jalan. Dengan meningkatkan efisiensi, koordinasi, dan sistem manajemen waktu, diharapkan puskesmas dapat memberikan jaminan yang lebih baik kepada pasien dalam hal waktu pelayanan, sehingga meningkatkan kepuasan dan citra puskesmas secara keseluruhan. Empaty. Meskipun pelayanan rawat jalan di puskesmas dianggap baik dalam hal perlakuan yang adil dan pengaturan antrian yang teratur, terdapat kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi waktu pelayanan dan komunikasi dengan masyarakat. Upaya tersebut dapat membantu meningkatkan kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rawat jalan di puskesmas, serta memastikan akses yang lebih baik bagi seluruh pasien

Type:
Buku Tesis

Document:
PROGRAM PASCASARJANA

Date:
22-07-2023

Penulis:
Rani Indiarti

NIM:
21320103

Dosen Pembimbing:
Dr.SUNARTO, S.Sos, M.SI