Description:
Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pasien Di Puskesmas
Sukarami Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk Kualitas Pelayanan
Rawat Jalan Pasien Di Puskesmas Sukarami Kota Palembang. Adapun metode
yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan teknik penumpulan data
observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang sudah
dilakukan dapat disimpulkan bahwa Keandalan (reliability). Puskesmas dalam
melayani pasien rawat jalan sudah cukup baik, keandalan pelayanan puskesmas
dalam melayani pasien rawat jalan dapat dianggap cukup baik. Namun, perlu
diperhatikan bahwa upaya terus dilakukan untuk mempertahankan dan
meningkatkan keandalan tersebut, termasuk melalui pemantauan, evaluasi, dan
perbaikan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pasien.
Kenampakan fisik dan bukti langsung (tangibel). Dalam pelayanan pasien rawat
jalan di puskesmas sudah cukup baik. Kebersihan, kerapihan, ketersediaan
fasilitas yang memadai, dan kesesuaian petugas pelayanan merupakan faktor yang
berkontribusi terhadap penilaian tersebut. Namun, ada saran dari masyarakat
terkait peningkatan fasilitas penunjang yang perlu dipertimbangkan oleh
puskesmas untuk meningkatkan pelayanan secara keseluruhan. Daya tanggap
(responsiveness). Puskesmas dalam melayani pasien rawat jalan masih lamban.
Hal ini disebabkan oleh jumlah pasien rawat jalan yang lebih banyak daripada
jumlah petugas yang tersedia di puskesmas tersebut. Adanya keterbatasan petugas
dalam menghadapi lonjakan jumlah pasien rawat jalan mengakibatkan waktu
tunggu yang cukup lama bagi pasien sebelum mendapatkan pelayanan medis.
Idealnya satu petugas melayani dua pasien, sedangkan kondisi saat ini melayani
lebih dari tiga pasien. Aspek assurance atau jaminan. Penting bagi puskesmas
untuk melakukan perbaikan dalam aspek jaminan waktu dalam pelayanan pasien
rawat jalan. Dengan meningkatkan efisiensi, koordinasi, dan sistem manajemen
waktu, diharapkan puskesmas dapat memberikan jaminan yang lebih baik kepada
pasien dalam hal waktu pelayanan, sehingga meningkatkan kepuasan dan citra
puskesmas secara keseluruhan. Empaty. Meskipun pelayanan rawat jalan di
puskesmas dianggap baik dalam hal perlakuan yang adil dan pengaturan antrian
yang teratur, terdapat kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi waktu pelayanan
dan komunikasi dengan masyarakat. Upaya tersebut dapat membantu
meningkatkan kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rawat
jalan di puskesmas, serta memastikan akses yang lebih baik bagi seluruh pasien
Type:
Buku Tesis
Document:
PROGRAM PASCASARJANA
Date:
22-07-2023
Penulis:
Rani Indiarti
NIM:
21320103
Dosen Pembimbing:
Dr.SUNARTO, S.Sos, M.SI