Description:
Adanya Program Kebijakan BPJS Kesehatan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan Kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat, khsusunya dalam hal ini masyarakat di wilayah Puskesmas Boom Baru. Saat ini di Puskesmas Boom Baru jumlah peserta meningkat tiap tahunnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode fakta wawancara kepada informan terpilih. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Kualitas pelayanan program BPJS Kesehatan di Puskesmas Boom Baru dilihat dari dimensi-dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible, responsiveness, reliability, assurance, dan, empathy, sebagian besar informan pasien masih belum puas sehingga masih harus melakukan perbaikan. Pada aspek bukti fisik (Tangible), masih kurangnya fasilitas ruang tunggu, pendaftaran dan farmasi karena jumlah tempat duduk masih kurang, luas ruangan dan pendingin udara. Pada aspek kehandalan (reliabitiy), petugas belum dapat memberikan pelayanan kepada pasien yang menuntut adanya konsistensi ketepatan waktu sesuai dengan standar waktu yang ada terutama pada waktu tunggu di pelayanan mulai dari pendaftaran sampai dengan mendapatkan pelayanan melebihi standar 60 menit. Pada aspek daya tanggap (Responsiveness), sudah tersedia berbagai media penyampaian keluhan dan petugas pada bagian masing-masing bersedia membantu dan memberi informasi yang dibutuhkan pasien terutama berkaitan dengan BPJS dimana sudah ada loket BPJS yang juga menjadi penyedia informasi bagi layanan program JKN. Namun dalam hal penanganan pengaduan dan masukan dari pasien masih belum baik. Selanjutnya, dilihat dari dimensi lainnya yaitu jaminan (Assurance) dan empati (Emphaty) menurut informan pelayanan yang diberikan sudah cukup memuaskan dimana tidak terlalu banyak keluhan dari pasien BPJS; Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan di Puskesmas Boom Baru berdasarkan hasil penelitian adalah adanya SOP dan komitmen pegawai yang menjadi faktor pendukung kualitas pelayanan yang baik, serta faktor kemampuan pegawai dan faktor sarana prasarana yang menghambat penciptaan kualitas yang baik di Puskesmas Boom Baru.
Type:
Buku Tesis
Document:
PROGRAM PASCASARJANA
Date:
22-07-2023
Penulis:
M. FEBIANSYAH
NIM:
21320030
Dosen Pembimbing:
Dr. Drs. ALAMSYAH, M.Pd