Description:
Peran Lurah dalam meningkatkan pelayanan publik di
Kelurahan Sindur Kecamatan Cambai Kota Prabumulih. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Lurah dalam meningkatkan pelayanan
publik. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya penurunan jumlah
pelayanan administrasi alas hak tanah dari tahun 2021 ke tahun 2022, kecukupan
pelayanan yang ditawarkan seperti pemberian durasi pelayanan dalam prosedur
administrasi masih kurang sehingga pelayanan publik belum optimal. Rumusan
masalah penelitian ini bagaimanakah peran lurah dalam meningkatkan
pelayanan publik dan apa faktor pendukung dan penghambatnya. Metode
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif, khususnya yang
mengadopsi paradigma konstruktivis-interpretivis. pendekatan kualitatif dengan
jenis Konstruktivis-Interpretivis. Pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan
dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Indikator kehandalan sudah
cukup baik namun lurah harus menjalin komunikasi yang efektif baik dengan
pegawainya dan juga juga warganya. Indikator ketanggapan belum maksimal
oleh karena itu Lurah dituntut peranannya untuk memerintahkan pegawainya
untuk sesegera mungkin mengatasi keluhan yang ada pada masyarakat terkait
pelayanan. Indikator jaminan sudah baik disini dapat dilihat bahwa peran
Lurah Sindur sangatlah penting dalam meningkatkan pelayanan publik.
Indikator empati belum maksimal oleh karena itu peran lurah yang sangat
mendasar adalah harus tahu pelayanan yang bagaimana yang di butuhkan
oleh warganya. Indikator berwujud cukup baik karena masih ada faktor
penunjang yang belum maksimal namun dibutuhkan peran lurah untuk
berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasinya. Hasilnya seperti
dijelaskan sebelumnya bahwa para pegawai, memiliki kinerja yang di bawah
rata-rata dalam memberikan layanan dan terbilang belum optimal. Sering terjadi
keluhan, khususnya terkait proses yang berbelit-belit, kurang transparannya proses
penyebaran informasi, ketidakpastian waktu penyelesaian, dan sikap petugas yang
kurang tanggap, kurang peduli dalam menangani masalah. Faktor pendukung dari
peran lurah dalam meningkatkan pelayanan publik yaitu bahwa lurah berperan
aktif kepada para pegawainya dalam berkomunikasi demi meningkatkan
pelayanan terhadap publik sehingga masyarakat puas dengan pelayanan yang
mereka inginkan sebelumnya. Sedangkan faktor penghambat fasilitas sarana dan
prasarana masih kurang memadai terkhusus untuk ruangan pelayanan, kurangnya
jaringan wifi, masih kurangnya sumber daya manusia dalam operator yang
melayani kepengurusan surat menyurat.
Type:
Buku Tesis
Document:
PROGRAM PASCASARJANA
Date:
24-06-2023
Penulis:
Rusdi Alam
NIM:
21320059
Dosen Pembimbing:
Dr. M. ERVAN MARZUKI, S.Pd.,M.Si