UNIVERSITAS TAMANSISWA

.::PALEMBANG::.

SCIENTIFIC REPOSITORY


UNITAS Repository



Peran Lurah Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kelurahan Sindur Kecamatan Cambai Kota Prabumulih



Description:
Peran Lurah dalam meningkatkan pelayanan publik di Kelurahan Sindur Kecamatan Cambai Kota Prabumulih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Lurah dalam meningkatkan pelayanan publik. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya penurunan jumlah pelayanan administrasi alas hak tanah dari tahun 2021 ke tahun 2022, kecukupan pelayanan yang ditawarkan seperti pemberian durasi pelayanan dalam prosedur administrasi masih kurang sehingga pelayanan publik belum optimal. Rumusan masalah penelitian ini bagaimanakah peran lurah dalam meningkatkan pelayanan publik dan apa faktor pendukung dan penghambatnya. Metode Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif, khususnya yang mengadopsi paradigma konstruktivis-interpretivis. pendekatan kualitatif dengan jenis Konstruktivis-Interpretivis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Indikator kehandalan sudah cukup baik namun lurah harus menjalin komunikasi yang efektif baik dengan pegawainya dan juga juga warganya. Indikator ketanggapan belum maksimal oleh karena itu Lurah dituntut peranannya untuk memerintahkan pegawainya untuk sesegera mungkin mengatasi keluhan yang ada pada masyarakat terkait pelayanan. Indikator jaminan sudah baik disini dapat dilihat bahwa peran Lurah Sindur sangatlah penting dalam meningkatkan pelayanan publik. Indikator empati belum maksimal oleh karena itu peran lurah yang sangat mendasar adalah harus tahu pelayanan yang bagaimana yang di butuhkan oleh warganya. Indikator berwujud cukup baik karena masih ada faktor penunjang yang belum maksimal namun dibutuhkan peran lurah untuk berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasinya. Hasilnya seperti dijelaskan sebelumnya bahwa para pegawai, memiliki kinerja yang di bawah rata-rata dalam memberikan layanan dan terbilang belum optimal. Sering terjadi keluhan, khususnya terkait proses yang berbelit-belit, kurang transparannya proses penyebaran informasi, ketidakpastian waktu penyelesaian, dan sikap petugas yang kurang tanggap, kurang peduli dalam menangani masalah. Faktor pendukung dari peran lurah dalam meningkatkan pelayanan publik yaitu bahwa lurah berperan aktif kepada para pegawainya dalam berkomunikasi demi meningkatkan pelayanan terhadap publik sehingga masyarakat puas dengan pelayanan yang mereka inginkan sebelumnya. Sedangkan faktor penghambat fasilitas sarana dan prasarana masih kurang memadai terkhusus untuk ruangan pelayanan, kurangnya jaringan wifi, masih kurangnya sumber daya manusia dalam operator yang melayani kepengurusan surat menyurat.

Type:
Buku Tesis

Document:
PROGRAM PASCASARJANA

Date:
24-06-2023

Penulis:
Rusdi Alam

NIM:
21320059

Dosen Pembimbing:
Dr. M. ERVAN MARZUKI, S.Pd.,M.Si