UNIVERSITAS TAMANSISWA

.::PALEMBANG::.

SCIENTIFIC REPOSITORY


UNITAS Repository



ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SURAT KETERANGAN PENYERAHAN HIBAH TANAH DI KANTOR KELURAHAN PRABUMULIH KECAMATAN PRABUMULIH BARAT



Description:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya problem dalam pengurusan surat hibah tanah, dimana dalam proses pelayanannya belum memuaskan masyarakat, perlu dilakukan penelitian. Adapun rumusan masalah yaitu Bagaimanakah kualitas pelayanan Surat Keterangan Penyerahan Hibah Tanah di kantor Kelurahan Prabumulih Kecamatan Prabumulih Barat?, Apa sajakah yang menjadi factor pendukung dan penghambat kantor Kelurahan Prabumulih dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi Surat Keterangan Penyerahan Hibah Tanah ?. sedangkan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kualitas Pelayanan Surat Keterangan Penyerahan Hibah Tanah Di Kantor Kelurahan Prabumulih Kecamatan Prabumulih Barat beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan teknik penumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Surat Keterangan Penyerahan Hibah Tanah Di Kantor Kelurahan Prabumulih Kecamatan Prabumulih Barat sudah cukup baik namun ada yang perlu dilakukan perbaikan yaitu dari sisi pegawai harus ditingkatkan ke strata yang lebih tinggi untuk yang masih SMA sederajat dan diberikan pelatihan, seminar dan keterampilan teknis, kemudian sisi lemah dari sisi fasilitas juga perlu ada perbaikan dan penambahan yang sesuai dengan kebutuhan, serta harus adanya reward untuk kinerja pegawai. Adapun faktor pendukung dalam penelitian ini yaitu pegawai bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing sebagai bentuk profesional kerja, sehingga tidak ada tumpang tindih pekerjaan dan sehingga pekerjaan yang sudah dilakukan sesuatu tupoksi akan sangat membantu memberikan pelayanan yang berkualitas. Adapun faktor penghambat adalah dari sisi fasilitas pelayanan yang masih kurang, kemudian adanya harapan masyarakat untuk inovasi pelayanan yang lebih berkualitas dengan sarana yang lebih modern sehingga pelayanan lebih cepat dan lebih mudah dan masyarakatpun merasakan kepuasan pelayanan yang diberikan oleh pihak kelurahan.

Type:
Buku Tesis

Document:

Date:
27-08-2023

Penulis:
Wita Andaryani

NIM:
21320075

Dosen Pembimbing:
Dr. M. ERVAN MARZUKI, S.Pd.,M.Si