Description:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
faktor – faktor pendukung dan penghambat peningkatan kualitas Fasilitas Utama dan
Fasilitas Penunjang di Terminal Tipe B Indralaya dalam memberikan pelayanan publik.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
metode dekriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari 5 (lima) dimensi
kualitas pelayanan di Terminal Tipe B Indralaya yang dinilai kurang baik dari pengguna
layanan adalah Aspek Tangible (Fisik). Untuk Aspek Reliability (Kehandalan) , Aspek
Responsiveness (Ketanggapan) , Aspek Assurance (Jaminan) dan Aspek Empathy
(Empati) dinilai baik oleh pengguna layanan. Faktor pendukung dalam upaya
meningkatkan kualitas fasilitas utama dan fasilitas penunjang di Terminal Tipe B
Indralaya yaitu lokasi terminal yang strategis, adanya standar pelayanan, petugas yang
bekerja sudah memiliki pengalaman kerja serta petugas memiliki sikap dan disiplin yang
baik ketika bertugas. Faktor Penghambat dalam upaya meningkatkan kualitas fasilitas
utama dan fasilitas penunjang di Terminal Tipe B Indralaya yaitu keterbatasan anggaran
rehabilitasi dan pemeliharaan terminal, banyak sarana dan prasarana yang rusak serta
belum adanya pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan kompetensi petugas.
Type:
Buku Tesis
Document:
PROGRAM PASCASARJANA
Date:
22-07-2023
Penulis:
Aryo Muslim
NIM:
21320019
Dosen Pembimbing:
Dr.SUNARTO, S.Sos, M.SI