Description:
Pemerintahan desa merupakan hirarki terbawah dalam sistem birokrasi di Indonesia, oleh karena itu peran pemerintahan desa sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat desa, ini merupakan tanggung jawab pemerintah desa dalam memberikan pelayanan yang maksimal. Tujuan dari pemberian pelayanan adalah pemenuhan kebutuhan dan hak-hak dasar setiap warga negara dan penduduk atas suatu pelayanan administrasi yang disediakan oleh pemerintah untuk kepentingan publik, salah satu jenis pelayanan publik tersebut adalah pelayanan publik dibidang administrasi kependudukan. Untuk memastikan pelayanan publik yang baik, pemerintah telah mengeluarkan peraturan-peraturan yang dapat dijadikan acuan dalam penyelenggara pelayanan publik. Namun demikian semua kegiatan pelayanan perlu dievaluasi untuk menilai dan memastikan bahwa pelayanan administrasi kependudukan tersebut telah berjalan sesuai dengan peraturan dan harapan masyarakat termasuk pelayanan administrasi kependudukan di Desa Pinang Mas Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir.
Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Evaluasi Kinerja Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Pinang Mas Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir”. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menekankan pada proses, dimaksudkan agar penulis dan proses penelitian tidak terjebak pada kerangka pemikiran teoritik yang kaku dan bersifat streotipik, dengan sepuluh Informan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi kinerja atas pelayanan administrasi kependudukan di Desa Pinang Mas Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir, sekaligus untuk mengetahui upaya apa yang telah dilakukan oleh Pemerintahan Desa Pinang Mas untuk meninngkatkan kinerja pelayanan administrasi kependudukan. Analisis evaluasi penelitian ini menggunakan metode CIPP (Contact, Input, Process, Product) dari Daniel Stuflebean dan Metode Siklus PDCA (Plan, Do, Check, Action) dari Dr. W. Edwards Deming untuk menganalisis upaya peningkatan kinerja pelayanan administrasi kependudukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Desa Pinang Mas Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Ogan Ilir belum berjalan dengan baik karena masih banyak kendala dan hambatan yang ditemui, misalnya pengawasan belum dilakukan secaran intensif, minimnya anggaran, terbatasnya sarana dan prasarana pendukung, belum ditetapkannya Standar Operasional Prosedur (SOP) dan rendahnya minat masyarakat terhadap kebutuhan dokumen kependudukan. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja Pemerintahan Desa Pinang Mas pun belum dilaksanakan secara maksimal, dari tiga aspek utama peningkatan kinerja pelayanan yaitu, peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia, Pengembagan SOP serta Peningkatan sarana dan prasarana, upaya yang dilakukan hanya bertumpu pada peningkatan Sumber Daya Manusia itupun bersifat personal dan hukuman, belum menyentuh substansi masalah.
Type:
Buku Tesis
Document:
PROGRAM PASCASARJANA
Date:
08-08-2022
Penulis:
INDRA GUNAWAN
NIM:
20320043
Dosen Pembimbing:
NOVITA WULANDARI, S.St, M.Si