UNIVERSITAS TAMANSISWA

.::PALEMBANG::.

SCIENTIFIC REPOSITORY


UNITAS Repository



KUALITAS PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA BAGIAN PAJAK LIMA TAHUN (Studi pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Palembang I)



Description:
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan pajak kendaraan bermotor pada bagian pajak lima tahun di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Palembang I; 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan pajak kendaraan bermotor pada bagian pajak lima tahun di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Palembang I. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik statistik deskriptif dengan pertimbangan karena dalam penelitian ini penulis menggunakan penyajian data melalui tabel dan perhitungan rata-rata, serta mendeskripsikan data sampel. Selanjutnya penulis menginterpretasikan dengan menggunakan metode ServQual. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka peneliti memberikan kesimpulan bahwa: 1) Kualitas pelayanan pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Palembang I dapat dikatakan baik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil perhitungan ServQual, dimana kualitas pelayanan pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Palembang adalah sebesar 0 (positif). Dengan demikian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Palembang secara keseluruhan dapat dikatakan baik; 2) Faktor yang menjadi Pendukung yaitu gedung loket lima tahun yang sudah cukup luas, telah tersedianya ruang laktasi dan permainan anak, maklunat pelayanan didalam ruangan melalui poster/banner, lefaflet/pamflet/media sosial atau website. Sistem pembayaran juga sudah disediakan untuk pembayaran non tunai yaitu melalui mesin EDC (untuk kartu debit/kredit), E-money dan transper. Selain itu adanya SOP yang jelas sehingga setiap pegawai senantiasa mengacu pada SOP tersebut dalam memberikan pelayanan. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat yaitu belum konsistennya petugas dalam memberikan pelayanan, kemudian koordinasi antar instansi terkait yang terkadang masih belum baik serta fasilitas tempat cek fisik khusus kendaraan mobil yang belum ada, untuk wajib pajak sendiri kebanyakan terkendalanya apabila kendaraan mereka kesulitan untuk dihadirkan ke samsat untuk dicek fisik karena rusak atau berada didalam hutan serta apabila berkas mereka terdapat perbaikan itu terkadang tidak bisa diselesaikan di Kantor Samsat tempat mereka berproses, agar kedepan proses pelayanan dapat lebih optimal, hendaknya faktor penghambat tersebut dapat ditindaklanjuti agar wajib pajak dapat merasa terlayani dengan baik.

Type:
Buku Tesis

Document:
PROGRAM PASCASARJANA

Date:
09-04-2022

Penulis:
NUKE SOFIATI

NIM:
20320006

Dosen Pembimbing:
Dr. MAULANA, SE, MM