UNIVERSITAS TAMANSISWA

.::PALEMBANG::.

SCIENTIFIC REPOSITORY


UNITAS Repository



KUALITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALEMBANG



Description:
Penyelenggaraan pelayanan publik masih dihadapkan pada sistem pemerintahan yang belum efektif dan efisien serta kualitas sumber daya manusia aparatur yang belum memadai. Hal ini terlihat dari masih banyaknya keluhan dan pengaduan dari masyarakat baik secara langsung maupun melalui media massa, seperti prosedur yang berbelit-belit, tidak ada kepastian dalam jangka waktu penyelesaian, biaya yang harus dikeluarkan, persyaratan yang kurang transparan, sikap petugas yang kurang responsif dan lain-lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data antara lain: kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka, sedangkan teknik analisis data berupa analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian (1) Kualitas pelayanan administrasi kependudukan berpengaruh sebesar 89,9% terhadap kepuasan masyarakat pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Palembang. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan administrasi kependudukan terhadap kepuasan masyarakat pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Palembang meliputi: (a) Variabel Kualitas Pelayanan dilihat dari hasil Uji Validitas dan Reliabilitas indikator dinyatakan Valid karena rhitung > rtabel antara lain: (1) pernyataan ke-14 sebesar 0,576 indikator kemampuan petugas berkomunikasi (2) pernyataan ke-4 sebesar 0,562 indikator Sarana Prasarana, dan (3) pernyataan ke-13 sebesar 0,553 indikator kecerdasan petugas mengenali pelayanan yang diberikan, dan (b) Variabel Kepuasan masyarakat dilihat dari hasil Uji Validitas dan Reliabilitas indikator dinyatakan Valid karena rhitung > rtabel antara lain: (1) pernyataan ke-1 sebesar 0,618 indikator Prosedur Pelayanan (2) pernyataan ke-2 sebesar 0,615 indikator Persyaratan Pelayanan dan (3) pernyataan ke-5 sebesar 0,602 indikator Tanggung jawab Petugas Layanan.

Type:
Buku Tesis

Document:
PROGRAM PASCASARJANA

Date:
12-06-2021

Penulis:
RAMA FITRIYANI

NIM:
19320055

Dosen Pembimbing:
NOVITA WULANDARI, S.St, M.Si