Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Menerapakan Nilai-Nilai Karakter di SDN 6 ABAB Kabupaten Pali. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dengan menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi. Rasa kekeluargaan dan kedekatan antara, Kepala Sekolah, Guru, Staf TU dengan siswa dan juga para wali siswa beserta masyarakat menentukan keberhasilan proses penanaman karakter di sekolah tersebut. Sejauh ini sekolah dasar negeri 6 Abab sudah melakukan hal tersebut dengan harapan kerjasama, komunikasi, koordinasi dan dukungan dari masyarakat bisa mempermudah dalam menanamkan nilai-nilai karakter dalam proses KBM. Sumber Daya, Dalam hal sumberdaya cukup memberikan hambatan dalamimplementasi kebijakan pendidikan karakter, terutama dalam hal sumber daya implementor yakni para guru yang semuanya belum S1. Kemudian soal sarana dan prasarana masih kurang dan banyak yang rusak. Disposisi, Kecenderungan sikap implementor berpihak pada kebijakan pendidkan karakter, itu terlihat dari upaya implementasi yang telah dilakukan dan adanya kejujuran dan konsistensi di dalam implementasi kebijakan tersebut. Semua sepakat serta saling mendukung agar kebijakan ini bisa berjalan dengan baik Struktur birokrasi. Untuk dimensi struktur birokrasi, tidak ada permasalah yang serius, meskipun kurangnya tenaga guru dalam mapel tertentu akan tetapi semua bisa berjalan dengan lancar dengan bekerjasama, dan begitupun dengan unsur-unsur masyarakat juga ikut membantu dalam memperlancar implementasi Pendidikan karakter dalam setiap program disekolah tersebut. Sedangkan Faktor Pendukung Pertama, Komunikasi yang dilakukan secara rutin tersebut dapat membantu proses pendekatan dengan peserta didik yang cenderung beragam. Kedua, Kerja sama kepala sekolah dan Guru beserta staf lainnya dalam melaksanakan pendidikan karakter melalui rapat bulanan dan evaluasi mengenai pendidikan karakter dalam upayan pengembangan ke depannya. Adapun Faktor penghambat yang mempengaruhi dalam implementasi kebijakan pendidikan karakter di SDN 6 Abab Pali yaitu masih ada guru yang belum S1, belum adanya pelatihan khusus mengenai metode Pendidikan karakter serta dampak buruk dari kemajuan teknelogi mulai dari ketergantungan terhadap HP hingga acara televisi yang sudah tidak mendidik lagi ditambah saat ini dalam kondisi covid.
Type:
Buku Tesis
Document:
PROGRAM PASCASARJANA
Date:
07-07-2021
Penulis:
NEVI HENDRAYANI
NIM:
18320142
Dosen Pembimbing:
IGNASIUS HENDRASMO S.IP, Dr, M.A