UNIVERSITAS TAMANSISWA

.::PALEMBANG::.

SCIENTIFIC REPOSITORY


UNITAS Repository



ANALISIS EFEKTIVITAS PELAYANAN SERTIPIKAT TANAH PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BANYUASIN



Description:
Penelitian ini berfokus kepada analisis efektivitas pelayanan sertipikat tanah pada kantor Pertanahan Kabupaten Banyuasin. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pelayanan sertipikat tanah pada kantor Pertanahan Kabupaten Banyuasin.. Teori efektivitas menggunakan teori Martani 6 dan Lubis (2012) dimana parameter efektivitas pelayanan meliputi efesiensi dalam pelayanan, semangat kerjasama dan loyalitas kelompok kerja. prosedur pelayanan, responsivitas pegawai, sarana dan prasarana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. kualititatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan sertipikat tanah di kantor Pertanahan Kabupaten Banyuasin sudah berjalan sukup efektif, namun belum maksimal. Hal ini yang dapat dilihat dari indikator berikut: 1. Efesiensi Dalam Pelayanan, dilihat dari segi biaya dan waktu. Biaya pelayanan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak ada biaya tambahan (pungli) yang dibebankan kepada masyarakat. Tetapi dari sisi waktu, yaitu kecepatan dan ketepatan waktu pelayanannya dirasakan masyarakat belum cepat dan tepat, meskipun pegawai telah menginformasikan dengan jelas dan transparan tentang standar waktu penyelesaian pengurusan sertipikat tanah.2. Semangat Kerjasama dan Loyalitas Kelompok Kerja, Semangat Kerjasama di Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuasin baik antara pimpinan serta staf memiliki hubungan kerjasama yang baik, sifat saling terbuka antara pimpinan dan bawahan meningkatkan loyalitas kelompok kerja. Rasa loyalitas kelompok kerja yang ditanamkan melalui penempatan pegawai sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian serta disiplin pegawai dalam melayani masyarakat.3. Prosedur Pelayanan, sudah jelas tetapi belum berjalan sesuai dengan mekanisme pelayanan yang ada, karena masih ada keluhan dari masyarakat tentang proses pelayanan yang masih berbelit-belit dan persyaratan administrasi yang banyak.4. Responsivitas (daya tanggap) pegawai, sudah maksimal dalam menanggapi keluhan-keluhan masyarakat dengan bersikap tanggap, ramah dan bertutur kata yang sopan dan mudah dipahami oleh masyarakat yang memberikan kesan sebagai pribadi yang menyenangkan.5. Sarana dan Prasarana, kondisi ruang pelayanannya bersih, nyaman dan memberikan kesan yang aman. Sedangkan ketersediaan fasilitas pendukung seperti ruang tunggu, TV, AC, tempat ibadah dan tempat parkir sudah ada dan memadai. Keberadaan media/sumber informasi yang dapat dengan mudah dan diakses langsung oleh masyarakat serta diberlakukan Sistem Pelayanan Online (Website).

Type:
Buku Tesis

Document:
PROGRAM PASCASARJANA

Date:
03-07-2021

Penulis:
FERIADI

NIM:
17320057

Dosen Pembimbing:
Dr. MAULANA, SE, MM