Description:
Penelitian ini berfokus kepada analisis efektivitas pelayanan sertipikat
tanah pada kantor Pertanahan Kabupaten Banyuasin. Tujuan penelitian untuk
mengetahui seberapa besar efektivitas pelayanan sertipikat tanah pada kantor
Pertanahan Kabupaten Banyuasin.. Teori efektivitas menggunakan teori Martani
6
dan Lubis (2012) dimana parameter efektivitas pelayanan meliputi efesiensi
dalam pelayanan, semangat kerjasama dan loyalitas kelompok kerja. prosedur
pelayanan, responsivitas pegawai, sarana dan prasarana. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif. kualititatif..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan sertipikat tanah di kantor
Pertanahan Kabupaten Banyuasin sudah berjalan sukup efektif, namun belum
maksimal. Hal ini yang dapat dilihat dari indikator berikut: 1. Efesiensi Dalam
Pelayanan, dilihat dari segi biaya dan waktu. Biaya pelayanan sudah sesuai
dengan peraturan yang berlaku dan tidak ada biaya tambahan (pungli) yang
dibebankan kepada masyarakat. Tetapi dari sisi waktu, yaitu kecepatan dan
ketepatan waktu pelayanannya dirasakan masyarakat belum cepat dan tepat,
meskipun pegawai telah menginformasikan dengan jelas dan transparan tentang
standar waktu penyelesaian pengurusan sertipikat tanah.2. Semangat Kerjasama
dan Loyalitas Kelompok Kerja, Semangat Kerjasama di Kantor Pertanahan
Kabupaten Banyuasin baik antara pimpinan serta staf memiliki hubungan
kerjasama yang baik, sifat saling terbuka antara pimpinan dan bawahan
meningkatkan loyalitas kelompok kerja. Rasa loyalitas kelompok kerja yang
ditanamkan melalui penempatan pegawai sesuai dengan latar belakang pendidikan
dan keahlian serta disiplin pegawai dalam melayani masyarakat.3. Prosedur
Pelayanan, sudah jelas tetapi belum berjalan sesuai dengan mekanisme pelayanan
yang ada, karena masih ada keluhan dari masyarakat tentang proses pelayanan
yang masih berbelit-belit dan persyaratan administrasi yang banyak.4.
Responsivitas (daya tanggap) pegawai, sudah maksimal dalam menanggapi
keluhan-keluhan masyarakat dengan bersikap tanggap, ramah dan bertutur kata
yang sopan dan mudah dipahami oleh masyarakat yang memberikan kesan
sebagai pribadi yang menyenangkan.5. Sarana dan Prasarana, kondisi ruang
pelayanannya bersih, nyaman dan memberikan kesan yang aman. Sedangkan
ketersediaan fasilitas pendukung seperti ruang tunggu, TV, AC, tempat ibadah dan
tempat parkir sudah ada dan memadai. Keberadaan media/sumber informasi yang
dapat dengan mudah dan diakses langsung oleh masyarakat serta diberlakukan
Sistem Pelayanan Online (Website).
Type:
Buku Tesis
Document:
PROGRAM PASCASARJANA
Date:
03-07-2021
Penulis:
FERIADI
NIM:
17320057
Dosen Pembimbing:
Dr. MAULANA, SE, MM