Description:
Hendra, Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Pelayanan Pada Kantor Pengawasan dan
Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Palembang.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis
kepuasan pengguna jasa pelayanan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan
Cukai Tipe Madya Pabean B Palembang; 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis
faktor pendukung dan penghambat kepuasan pengguna jasa pelayanan pada Kantor
Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Palembang.
Pada penelitian ini, penulis lebih menekankan pada tipe penelitian deskriptif
dengan data kuantitatif. Dimana dalam penelitian ini penulis lebih memfokuskan pada
penyajian data dan fakta bukan pada hipotesa atau pembuatan prediksi.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik statistik deskriptif dengan
pertimbangan karena dalam penelitian ini penulis menggunakan penyajian data melalui
tabel dan perhitungan rata-rata, serta mendeskripsikan data sampel. Selanjutnya penulis
menginterpretasikan dengan menggunakan metode ServQual.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan pada Kantor
Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Palembang dapat
dikatakan sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil perhitungan ServQual, dimana
diketahui bahwa kualitas pelayanan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan
Cukai Tipe Madya Pabean B Palembang adalah sebesar 0,17. Dengan demikian
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan
Cukai Tipe Madya Pabean B Palembang dari keseluruhan dimensi dapat dikatakan sangat
baik; 2) Faktor Pendukung kualitas pelayanan pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan
Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Palembang yaitu konsistensi dan komitmen dari
seluruh pegawai dalam menjalankan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya masingmasing, sehingga apa yang dikerjakan mendapatkan hasil yang maksimal. Sedangkan
faktor penghambatnya adalah, masih ada beberapa pelayanan yang jumlah pegawainya
belum mencukupi, sehingga pelayanan yang dilakukan cukup memakan waktu.
Type:
Buku Tesis
Document:
PROGRAM PASCASARJANA
Date:
03-06-2021
Penulis:
Hendra
NIM:
19320025
Dosen Pembimbing:
Dr. MAULANA, SE, MM