UNIVERSITAS TAMANSISWA

.::PALEMBANG::.

SCIENTIFIC REPOSITORY


UNITAS Repository



EFEKTIFITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PEMBUATAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI KANTOR KECAMATAN KERTAPATI KOTA PALEMBANG



Description:
Penelitian ini berfokus kepada analisis efektivitas pelayanan administrasi pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kantor Kecamatan Kertapati Kota Palembang. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pelayanan administrasi pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kantor Kecamatan Kertapati Kota Palembang. Teori efektivitas menggunakan teori Martani dan Lubis (2014) dimana parameter efektivitas pelayanan meliputi efesiensi dalam pelayanan, semangat kerjasama dan loyalitas kelompok kerja. prosedur pelayanan, responsivitas pegawai, sarana dan prasarana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. kualititatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi pembuatan kartu identitas anak (KIA) di kantor kecamatan Kertapati kota Palembang telah berjalan cukup efektif namun belum maksimal , yang dapat dilihat dari indikator berikut: Efisiensi Dalam Pelayanan Biaya pelayanan gratis tidak ditemukan adanya pungutan liar (pungli) yang dibebankan kepada masyarakat. Sedangakan kecepatan dan ketepatan waktu pelayanan administrasi dalam pengurusan kartu identitas anak (KIA) dapat dikatakan cukup baik, cepat dan tepat. Semangat kerjasama dan loyalitas kelompok kerja. yang terjalin antar pegawai sangat baik dan menciptakan suasana yang kondusif dalam melayani masyarakat. Kerjasama yang baik, sifat saling terbuka antara pimpinan dan bawahan meningkatkan loyalitas kelompok kerja. Selain itu, penempatan pegawai sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian yang dimiliki.Pegawai juga cukup disiplin dalam melayani masyarakat sehingga dapat meningkatkan loyalitas kelompok kerja. Prosedur Pelayanan sudah jelas dan maksimal tetapi belum berjalan sesuai dengan mekanisme pelayanan, namun dalam hal penerbitan kartu KIA belum berjalan sesuai dengan harapan karena masyarakat mengeluh lamanya kartu KIA di di cetak.Responsivitas (daya tanggap) pegawai, sudah maksimal dalam menanggapi keluhan-keluhan masyarakat dengan bersikap tanggap, ramah dan bertutur kata yang sopan dan mudah dipahami oleh masyarakat. Sarana dan Prasarana. Kondisi ruang pelayanan dan ketersediaan fasiltas pendukung sudah baik dan nyaman . namun fasilitas perangkat komputer belum memadai sehingga pegawai kewalahan melayani masyarakat. Adapun Faktor Pendukung yaitu Regulasi.Kebijakan, Kualitas Sumber Daya Manusia. Sedangkan Faktor Penghambat adalah Perbedaan Sudut Pandang antara Kantor Kccamatan Kertapati dengan UPTD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang, dan Jaringan Internet terkadang todak terkoneksi

Type:
Buku Tesis

Document:
PROGRAM PASCASARJANA

Date:
01-06-2021

Penulis:
Leni marlina

NIM:
19320028

Dosen Pembimbing:
Dr.SUNARTO, S.Sos, M.SI