Description:
Penelitian ini berfokus kepada analisis efektivitas pelayanan administrasi
pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kantor Kecamatan Kertapati Kota
Palembang. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar efektivitas
pelayanan administrasi pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kantor
Kecamatan Kertapati Kota Palembang. Teori efektivitas menggunakan teori
Martani dan Lubis (2014) dimana parameter efektivitas pelayanan meliputi
efesiensi dalam pelayanan, semangat kerjasama dan loyalitas kelompok kerja.
prosedur pelayanan, responsivitas pegawai, sarana dan prasarana. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. kualititatif..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi pembuatan
kartu identitas anak (KIA) di kantor kecamatan Kertapati kota Palembang telah
berjalan cukup efektif namun belum maksimal , yang dapat dilihat dari indikator
berikut: Efisiensi Dalam Pelayanan Biaya pelayanan gratis tidak ditemukan
adanya pungutan liar (pungli) yang dibebankan kepada masyarakat. Sedangakan
kecepatan dan ketepatan waktu pelayanan administrasi dalam pengurusan kartu
identitas anak (KIA) dapat dikatakan cukup baik, cepat dan tepat. Semangat
kerjasama dan loyalitas kelompok kerja. yang terjalin antar pegawai sangat baik
dan menciptakan suasana yang kondusif dalam melayani masyarakat. Kerjasama
yang baik, sifat saling terbuka antara pimpinan dan bawahan meningkatkan
loyalitas kelompok kerja. Selain itu, penempatan pegawai sesuai dengan latar
belakang pendidikan dan keahlian yang dimiliki.Pegawai juga cukup disiplin
dalam melayani masyarakat sehingga dapat meningkatkan loyalitas kelompok
kerja. Prosedur Pelayanan sudah jelas dan maksimal tetapi belum berjalan sesuai
dengan mekanisme pelayanan, namun dalam hal penerbitan kartu KIA belum
berjalan sesuai dengan harapan karena masyarakat mengeluh lamanya kartu KIA
di di cetak.Responsivitas (daya tanggap) pegawai, sudah maksimal dalam
menanggapi keluhan-keluhan masyarakat dengan bersikap tanggap, ramah dan
bertutur kata yang sopan dan mudah dipahami oleh masyarakat. Sarana dan
Prasarana. Kondisi ruang pelayanan dan ketersediaan fasiltas pendukung sudah
baik dan nyaman . namun fasilitas perangkat komputer belum memadai sehingga
pegawai kewalahan melayani masyarakat. Adapun Faktor Pendukung yaitu
Regulasi.Kebijakan, Kualitas Sumber Daya Manusia. Sedangkan Faktor
Penghambat adalah Perbedaan Sudut Pandang antara Kantor Kccamatan Kertapati
dengan UPTD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palembang, dan
Jaringan Internet terkadang todak terkoneksi
Type:
Buku Tesis
Document:
PROGRAM PASCASARJANA
Date:
01-06-2021
Penulis:
Leni marlina
NIM:
19320028
Dosen Pembimbing:
Dr.SUNARTO, S.Sos, M.SI