UNIVERSITAS TAMANSISWA

.::PALEMBANG::.

SCIENTIFIC REPOSITORY


UNITAS Repository



AKUNTABILITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DI DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR



Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Akuntabilitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dengan menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepatuhan pada prosedur ditunjukkan dengan pegawai Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu sudah memberikan pelayanan IMB sesuai dengn prosedur yang ada untuk menghindari miskomunikasi antarpegawai dan agar tidak membingungkan masyarakat atau pengguna jasa. Kepastian biaya sudah sesuai dengan peraturan dan persyaratan yang telah ditentukan. Jikapun ada yang merasa berat atau semacamnya itu hanya sekedar persepsi masing-masing. Pemerintah sudah mengatur sesuai dengan kadar dan ketentuannya, jadi dalam melakukan retribusi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu hanya mengikuti apa yang sudah tertulis dalam Undang-undang yang ada. Kepastian waktu penyelesaian masih mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya tepat waktu itu kerena berkas yang masuk melebihi pegawai yang ada, kemudian peran para calo dan masyarakat yang serba ingin cepat juga ikut mempengaruhi. Menurut peneliti birokrasi kepengurusan IMB memang sangat rumit dan menyita waktu dan hal seperti ini sangat rentang terjadinya kecurangan. Responsif dirasa belum maksimal, keluhan yang disampaikan oleh masyarakat pengguna jasa merupakan indikator yang memperihatkan bahwa pelayanan selama ini yang dihasilkan oleh birokrasi belum dapat memenuhi harapan pengguna jasa. Kemampuan birokrasi untuk memprioritaskan pengguna jasa belum dapat terpenuhi, namun dengan adanya keluhan dari masyarakat pengguna jasa menujukkan semakin tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menuntut hak-haknya sebagai konsumen untuk memperoleh pelayanan yang terbaik. Dalam penelitian ini faktor pendukungnya adalah kemajuan teknologi, hal ini dibuktikan pemanfaatan kemajuan teknologi sangat membantu dalam peroses pealayan IMB, dimana setiap pegawai sudah menggunakan alat komunikasi yang canggih dilengkapi dengan internet dan sudah cukup lengkapnya peralatan seperti Komputer dan laptop jinjing beserta printer yang terlihat diruangan tersebut dan peraturan Kemenpan beserta undang-undang pelayanan publik juga menjadi faktor pendukung dalam proses penyelenggaraan pelayanan IMB Di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Sedangkan faktor penghambatnya, Prosedur yang panjang dan persyaratan yang rumit mengakibatkan masyarakat merasa sangat direpotkan dalam mengurus IMB dari permasalahan itulah jasa mengurus lewat calo jadi subur dan banyak orang menggunakan jasa calo.

Type:
Buku Tesis

Document:
PROGRAM PASCASARJANA

Date:
01-06-2021

Penulis:
Neni Rosita

NIM:
18320159

Dosen Pembimbing:
Dr.SUNARTO, S.Sos, M.SI