UNIVERSITAS TAMANSISWA

.::PALEMBANG::.

SCIENTIFIC REPOSITORY


UNITAS Repository



EVALUASI KINERJA PELAYANAN KELURAHAN PATIH GALUNG KECAMATAN PRABUMULIH BARAT KOTA PRABUMULIH



Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi Kinerja Pelayanan Kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dengan menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sistem pelayanan yang ada di Kelurahan, pada dasarnya sudah cuku baik, namun dari sisi praktis, kecepatan pelayanan masih perlu diperbaiki, kelamahan pelayanan tersebut menjadi salah satu sisi lemah yang mesti diperbaiki oleh Kelurahan dalam kinerja biroktrasinya. Ada banyak hal yang menjadi kelemahan dalam kualitas pelayanan di Kelurahan Patih Galung sebagai salah satu bentuk kinerja birokrasi, kualitas kerja pegawai merupakan masukan atau input yang akan melahirkan kualitas kerja birokrasi. Selain daripada itu sumber daya manusianya, kekuatan lainnya adalah Undang-Undang Pelayanan Publik yaitu Nomor 25 Tahun 2009, dengan adanya kebijakan ini artinya pihak Kelurahan beserta pegawai yang ada di dalamnya tidak bisa melakukan sesuatu yang melanggar aturan dan prosedur yang telah ditentukan. Dalam proses pelayanan semua prosedur, syarat dan ketentuan sudah jelas dipaparkan oleh beberapa pegawai, bahkwan rincian biaya juga sudah sangat jelas, tinggal bagaimana transparansi dalam pelayanan yang akan menentukan kualitas kerja pegawai yang nantinya akan bermuara kepada kinerja birokrasi dan instansi. Pelayanan dan kinerja pegawai sudah cukup baik karena apa yang dihasilkan yaitu bisa memberikan pelayananpelayanan yang memudahkan pada dasarnya meskipun tetap ada titik lemah yang perlu diperbaiki khususnya oknum pegawai dan dikriminasi dalam pelayanan. Hasil kerja pegawai yang berinovasi denagn teknologi sudah menghasilkan kinerja Lembaga yang cukup baik dalam upaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Type:
Buku Tesis

Document:
PROGRAM PASCASARJANA

Date:
01-07-2021

Penulis:
Susi Erni

NIM:
19320089

Dosen Pembimbing:
Dr. MAULANA, SE, MM