Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanAnalisis Kinerja Pegawai
Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR D) Kota Prabumulih.
Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan penyajian
data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa. Menurunnya prestasi pegawai sekretariat DPRD adalah adalah tidak
terlaksananya dengan baik kebijakan disiplin pegawai UU No 53 Tahun 2010,
kemudian pengaruh daripada lingkungan yang tidak mendukung, sering ikutikutan teman yang indisipliner, padahal jika melihat proses rekrutmen dan
kualifikasi pendidikan sangat mendukung. Kualitas pengetahuan pegawai sudah
sangat bagus hal ini ditunjukkan melalui proses rekrutmen yang baik. Namun
jikapun dalam prosesnya ada kendala-kendala, tentu bukan hanya persoalan faktor
keahlian saja namun banyak faktor lainnya. Perilaku pegawai tidak bisa
disamakan hal ini tentu saja kembali pada pribadi masing-masing, kepribadian ini
dipengaruhi oleh faktor, keturunan, keluarga dan budaya yang seringkali terbawa
pada lingkungan kerja. Dalam hal kepemimpinan sudah sangat baik hal ini
ditunjukkan dengan kemampuan komunikasi dan koordinasi setiap bagian,
namun yang menjadi persoalan klasik adalah penegakkan aturan yang tidak bisa
berjalan dengan dengan baik, disisi lain tidak ada sanksi yang tegas terhadap
pegawai yang melanggar. Faktor Pendukung. Penghargaan yang diberikan dapat
berasal dari atasan atau pimpinan dengan melihat hasil kerja dan dapat juga
berasal dari diri pegawai itu sendiri. Di lain sisi tawaran promosi jabatan untuk
setiap pegawai yang memiliki kinerja dan kualitas yang baik juga memberikan
motivasi sarana dan prasarana yang ada di Sekretariat Dewan Prabumulih sudah
lengkap dan ini menjadi faktor pendukung tersendiri dan pegawai tidak punya
alasan untuk malas bekerja dengan alasan fasilitas semua sudah sangat memenuhi
standar, jadi yang ada karyawan harus bekerja dengan semangat dan maksimal.
Faktor Penghambat. Kedisiplinan memang menjadi bagian dari faktor penghambat
dalam kinerja pegawai di sekretariat Dewan. Tidak bisa berjalannya kedisiplinan
dengan baik, hal ini disebabkan atasan tidak bisa tegas karena memaklumi kondisi
pegawai yang tinggal jauh dari kantor sekretariat dewan bahkan ada yang tinggal
di luar Kota Prabumulih, kondisi seperti ini membuat para pegawai menjadi tidak
disiplin dalam waktu serta jika tidak dihentikan akan menciptakan kondisi
lingkungan kerja yang buruk.
Type:
Buku Tesis
Document:
PROGRAM PASCASARJANA
Date:
03-06-2021
Penulis:
Nora Mariska
NIM:
18320120
Dosen Pembimbing:
Dr.SUNARTO, S.Sos, M.SI